E-COMMERCE: Pengertian,Jenis,dan Contoh Aplikasinya

Perkembangan dunia digital kini semakin hari semakin membaik, orang tidak hanya dapat mencari atau membaca informasi saja,tetapi juga dapat mencari beberapa produk kebutuhan. Untuk itu mereka menggunakan e-commerce.

E-commerce adalah layanan yang baik untuk menjual atau membeli produk. Ada beberapa contoh aplikasi e-commerce yang sering digunakan di Indonesia. Di antaranya: shopee Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada,Bukalapak dan masih banyak lagi.

Apa itu e-commerce?

E-commerce atau yang biasa disebut dengan perdagangan elektronik adalah aktivitas yang mendukung penjualan maupun pembelian secara elektronik. E-commerce melingkupi transfer uang, sistem manajemen data, maupun penghitungan stok produk. 
       E-commerce menjadi pilihan karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sehingga hanya dengan menggunakan Smartphone, konsumen dapat melakukan transaksi.
Berikut contoh aplikasi e-commerce beserta pengertian dan jenisnya.

1. SHOPEE

Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang penjualan secara online atau e-commerce yang dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online.
       Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer, namun telah diganti menjadi business to consumer semenjak meluncurkan shopee mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama.
       Target pasar Shopee adalah perempuan. Hal ini karena pengguna e- commerce di Indonesia didominasi oleh perempuan, terutama perempuan usia muda. Shopee fokus kepada kebutuhan-kebutuhan perempuan seperti produk kecantikan dan fashion. 
       Bagaimana cara melakukan check out di shopee?.Sebelum melakukan transaksi atau pemesanan pastikan anda sudah mengisi alamat atau nomer handphone dengan benar.
       Setelah mencari produk dan memutuskan apa yang akan dibeli, Anda dapat melanjutkan proses pembelian dengan cara berikut:
       Pada halaman produk, pilih Beli Sekarang > pilih opsi variasi pilihan (jika ada) > pilih Beli Sekarang > pilih Opsi Pengiriman yang diinginkan > gunakan Voucher Shopee dan Koin Shopee > pilih Metode Pembayaran yang diinginkan > Buat Pesanan.
       Adapun produk yg ditawarkan shopee sebagai berikut:
1.  Perlengkapan bayi
2. Skincare dan Bodycare
3. Perlengkapan Kantor
4. Fashion
5. Produk kesehatan
6. Handphone dan aksesoris nya
Dan masih banyak lagi.

2. TOKOPEDIA

Tokopedia merupakan salah satu situs jual beli online di Indonesia yang perkembangannya terhitung cepat dan memiliki tujuan untuk memudahkan setiap masyarakat di Indonesia, agar dapat melakukan aneka transaksi jual beli secara online.
       Tokopedia termasuk jenis e-commerce konsumen to konsumen (C2C).Transaksi jual beli di lakukan secara online melalui marketplace. Jadi C2C disini menjadi perantara antara penjual dan pembeli.
       Jenis produk yang ditawarkan Tokopedia:
1. Fashion pria dan wanita
2.Elektronik 
3.Pertukangan
4.Alat Olahraga 
5.Makanan dan Minuman
6.Otomotif Dll
       Target pasar Tokopedia didomonasi anak muda milenial karena dengan berbagai produk yang dijual sangat relevan untuk diminati seperti alat olahraga, otomotif,dll
       Cara transaksi di Tokopedia:
Cek produk dan jumlah yang akan kamu beli, kemudian klik Beli. Pada halaman Checkout periksa kembali alamat penerima, pilih jasa pengiriman yang akan digunakan, kemudian klik Pilih Pembayaran. Pada halaman Pembayaran klik Bayar.

3. LAZADA
Lazada adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Pria, Peralatan Rumah Tangga, Kesehatan & Kecantikan, Bayi & Mainan Anak, Olahraga & Travel,dan lain sebagainya
       Lazada Indonesia dijalankan dengan tipe e-commerce Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer yang akan melakukan transaksi di situs Lazada Indonesia. 
       Target pasar Demografik: pasar Lazada ditujukkan untuk semua jenis kelamin, ras dan kepribadian, umumnya ditujukan untuk remaja dewasa hingga keluarga dengan rentang umur 17-40 tahun.
       Cara transaksi di aplikasi lazada adalah yang pertama yaitu dengan mengisi alamat dan nomor telepon dengan benar,pilih produk yang akan dibeli (apabila lebih dari satu bisa dimasukkan ke troli terlebih dahulu) > cek alamat dan pilih metode pembayaran > buat pesanan > jika pembayaran menggunakan saldo lazada atau kartu bisa masukan pin atau nomer rekening.

4 BUKALAPAK
Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Siapa pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
       Produk yang ditawarkan sama hal nya dengan e-commerce yang lain seperti: fashion wanita dan pria, perlengkapan dapur,mainan,fashion muslimah,alat tulis, otomotif dll.
       Bukalapak adalah contoh konkrit dari C2C. Dengan menyediakan marketplace di dalam platform mereka, konsumen bisa menjual barang dari mereka ke konsumen lainnya.
       Target pasar BukaLapak bertujan membantu para pebisnis UKM dalam memasarkan produk yang mereka miliki sehingga pebisnis UKM dapat menjangkau pasar Nasional dengan kata lain dapat memasarkan produk hingga keseluruh Indonesia.
       Cara transaksi di bukalapak di Indomaret
1.Klik tombol Beli Sekarang pada produk yang ingin dibeli.
2.Isi semua data pembeli dengan lengkap, kemudian klik tombol Pilih Metode Pembayaran.
3.Pilih metode pembayaran Indomaret, selanjutnya klik tombol Bayar.
4.Lakukan pembayaran sesuai tagihan ke Indomaret terdekat dengan menyebutkan nomor transaksi di Bukalapak. Simpan bukti pembayaran yang diberikan oleh petugas kasir Indomaret.

5.BLIBLI
Blibli merupakan suatu ekosistem perdagangan omnichannel terintegrasi yang dikembangkan di Indonesia, oleh orang Indonesia, dan untuk melayani masyarakat Indonesia. Kami berkomitmen tinggi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik.
       Blibli.com termasuk ke dalamBusiness to Customer (B2C), yaitu hubungan bisnis antara perusahaan dengan konsumen. Sistem ini membutuhkan biaya yang relative tinggi, karena alat yang dibutuhkan adalah WEB interaktif, nilai transaksinya tergolong rendah.
       Target pasar Blibli Segmentasi. Segmentasi Blibli.com adalah orang-orang yang socially connected dan concern dengan hobinya. Secara umur utamanya di rentang 25-35 tahun. Namun untuk secondarinya mulai dari 18 tahun sampai yang 45 tahunan.
      Apa saja layanan dan produk yang tersedia di Blibli Mitra? Saat ini, Blibli Mitra menyediakan layanan isi ulang dan bayar tagihan serta penjualan produk isi stok.
       Layanan isi ulang dan bayar tagihan: Pulsa, paket data, tagihan listrik, token listrik, tagihan BPJS, tagihan air, dan voucher game.
Produk isi stok: Aneka produk rokok, makanan, minuman, dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya.
       Untuk melakukan pembayaran dengan COD (Bayar di tempat) kamu dapat memilih opsi “Bayar di Tempat (COD)” pada kolom Pilih Metode Pembayaran. Pesanan hanya akan diserahkan apabila kamu telah menyelesaikan pembayaran ke kurir.Pembayaran menggunakan metode COD akan dikenakan biaya 2% dari total transaksi.
       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERBAGAI ISTILAH DALAM INTERNET